Menggambar Bola Emas di Corel Draw

Dalam sepak bola eropa ada sebuah penghargaan yang diberikan kepada pemain yang menampilkan hal terbaik dalam satu musim. Penghargaan ini disebut dengan BALLON D’OR. Pemenang ballon d’or atau bola emas adalah pemain sepak bola yang telah dipilih menjadi pemain terbaik pada musim sebelumnya. Pada musim 2013 peraih bola emas adalah Cristiano Ronaldo dari Real Madrid fc.
 lihat : tutorial vector portrait Ronaldo.
Tutorial kita kali ini berhubungan dengan hal diatas, yakni Tutorial membuat bola emas di corel draw. Bagaimana cara menciptakan Ballon d’or vector di corel draw? Ikuti tutorial berikut!

tutorial efek emas di corel draw



Aplikasi               : CorelDraw X5
Waktu                 : 1,5 jam
Tingkat Kesulitan       : Menengah

Berikut ini adalah langkah pembuatannya yang harus kita ikuti :
Langkah 1
Aktifkan Polygon Tool (Y). kemudian atur jumlah sisi menjadi 6. Seperti gambar di bawah ini.

efek emas corel draw

Selanjutnya, aktifkan Contour Box pada menu Effects (ctrl+f9). Untuk besar contour yang kita ciptakan sesuai dengan ukuran polygon yang kita buat pertama tadi. Sehingga akan jadi seperti ini.

efek emas corel draw

Kemudian break apart contour (ctrl+K) yang kita buat sehingga kita memiliki 2 segi enam. Lakukan hal yang sama untuk membuat segi enam menjadi 3 buah. Dan atur warna nya seperti gambar berikut.

efek emas corel draw

Langkah 2
Seleksi semua shape, duplikate shape tersebut dengan cara tarik dari bagian sudut kiri ke sudut kanan kemudian klik kanan.

efek emas corel draw

Dan inilah hasil yang akan kita dapatkan.

efek emas corel draw

Setelah itu, kita seleksi semua shape kemudian duplikate ke bawah sehingga membuat banyak segi enam yang beraturan, kalau dilihat seperti rangkaian sarang lebah madu.

efek emas corel draw

Langkah 3
Aktifkan Ellipse Tool (F7), dan buat shape diatas pola –pola segi enam, yang kita buat tadi.

efek emas corel draw

Kemudian kita aktifkan Lens Box pada menu Effects – Lens (Alt +F3). Pada kotak lens kita pilih fish eye dan centang Frozen.

efek emas corel draw

Dan kemudian tebalkan garis lingkarannya. Dan kita akan dapatkan hasil seperti ini.

efek emas corel draw

Langkah 4
Pada langkah ini, kita buat lingkaran di bagian bawah bola yang telah kita ciptakan tadi, lalu seleksi lingkaran tesebut dan salah satu segi enam yang ada dalam lingkup lingkaran tersebut. kemudian kita pakai fungsi shaping intersect, jika tidak aktif bisa klik menu Arrange pilih shaping – intesect.

efek emas corel draw

Maka kita akan dapat shape yang baru, tepat berada di dalam lingkaran. Lihat gambar dibawah ini.

efek emas corel draw

Kemudian lakukan hal yang sama pada setiap segi enam yang terhubung dengan lingkaran yang kita buat tadi. Dan jika benar maka kita akan menghasilkan gambar seperti ini.

efek emas corel draw

Langkah 5
Untuk memberikan efek cahaya pada bola emas kita ini. Buat shape pada sudut segi enam dengan warna yang lebih muda dari warna emas tadi. Shape ini bisa dibuat menggunakan Pen Tool, seperti ini.
efek emas corel draw

Lalu buat diatas shape yang kita buat tadi sebuah shape berwarna puith yang lebih kecil dan beri warna putih. Lalu aktifkan Tranparency dengan Type uniform.

efek emas corel draw

Lakukan hal yang sama pada setiap segi enam yang berada di luar lingkaran hitam yang kita buat tadi. Dan jika benar maka yang kita akan mendapatkan hasil seperti gambar dibawah ini.

efek emas corel draw

Langkah 6
Aktifkan kembali Ellipse Tool, lalu buat dua lingkaran besar dan kecil warna putih. Lalu letakkan didalam lingkaran hitam yang besar.

efek emas corel draw

Duplikate 2 buah lingkaran tadi, ubah ukuran, dan kita juga bisa membuat 3 buah lingkaran. kemudian letakkan dibeberapa tempat didalam segi enam yang membentuk lingkaran.

efek emas corel draw

Lakukan hal yang sama seperti tahap diatas namun dengan warna segi enam yang diluar lingkaran hitam, seperti gambar dibawah ini.

efek emas corel draw

Langkah 7
Buat dua buah lingkaran sama besar dengan lingkaran bola emas kita, kemudian gunakan fungsi shaping Trim dan letakkan hasilnya diatas bola dan beri warna puith.

efek emas corel draw

Lalu Convert shape tersebut menjadi bitmap dengan cara pilih menu bitmap klik convert to bitmap.

efek emas corel draw

Setelah di convert, pilih menu Bitmap – Blur –Gaussian Blur. Dan atur tingkat blur nya sehingga akan jadi seperti ini.

efek emas corel draw

Langkah 8
Untuk membuat sinar dari bola. Buat mengggunakan Ellipse Tool.

efek emas corel draw

Duplikate hasil nya menjadi tiga dan beri warna puith. Dan beri background pada gambar kita dengan membuat kotak. Disni kita menggunakan warna hijau tua. Dan seperti inilah bola emas yang kita dapatkan pada tutorial corel draw kali ini.

efek emas corel draw

Untuk menambah kesan mewah pada bola. Aktifkan pen tool kemudian buat garis membentuk huruf v tak sempurna  pada ujung lingkaran hitam. Lihat gambar.

efek emas corel draw

Lalu beri efek artistic media seperti berikut ini.

efek emas corel draw

Break artistic media dengan tekan ctrl+K di keyboard, kemudian hapus garis tengah shape. Dan setelah itu aktifkan juga bagian dari lingkaran hitam yang terhubung dengan shape tadi, dan gunakan fungsi Trim.

efek emas corel draw

Langkah 9
Untuk latar belakang, kita gunakan warna gradient dengan type radial di fountain fill.

efek emas corel draw

Lalu buat lingkaran yang lonjong dan tempatkan di bawah bola sebagai bayangan dari bola tersebut.

efek emas corel draw

Duplikate bola tersebut. kemudian powerclip didalam kotak latar belakang yang kita buat tadi, posisikan pada bagian sudut lingkaran disebelah kiri, dan besarkan. Buat menjadi transparan dengan Transparency Tool, dengan type uniform.

efek emas corel draw

Langkah 10
Buat teks BALLON D’OR dengan font Century Gothic.Anda bisa menggunakan font lainnya, karena ini hanya sebgai pelengkap saja, yang penting indah dipandang mata

efek emas corel draw

dan untuk menambah kesan emas pada teks ini, kita tambahkan warna dan efek lingkaran seperti bola tadi. Kreasikan sesuai keinginan kita. dan inilah hasil akhir dari tutorial efek bola emas kita.

efek emas corel draw

Sekian tutorial corel draw kita pada hari ini. kita nantikan saja, siapa yang akan di nobatkan sebagai pemain terbaik 2014 dan berhak mendapatkan Ballon d'or ini. hehehe.
 Jika ada yang masih belum dimengeri silahkan di tanyakan di kotak komentar bawah. Dan akan dijawab semampu saya. Terima Kasih


0 Response to "Menggambar Bola Emas di Corel Draw"

Post a Comment